Sunday, October 31, 2010

Book Launching: 50 Indonesian Architects Emergings

Buku 50 Indonesia Architects Emergings
Tanggal 28 Oktober 2010 yang lalu, saya menghadiri undangan peluncuran buku karya Imelda Akmal, yang di adakan di Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan. Saya diundang oleh Yu Sing (Genesis), arsitek muda dari Bandung, yang beberapa rumah tinggal hasil desainnya dikerjakan oleh saya.

Walaupun saya datang terlambat 1 jam dikarenakan macet yang lumayan parah dan juga diperparah karena hujan mulai mengguyur kota Jakarta ini, saya masih sempat melihat Yori Antar sebagai pembicara pada acara ini.


Yori Antar menerima buku sebagai bentuk penghargaan
Cukup menyenangkan melihat banyak arsitek-arsitek terkenal berkumpul di dalam 1 ruangan, dan bukan hanya dari Jakarta saja, karena ternyata salah satu arsitek terkenal kenalan saya dari Surabaya juga datang yaitu Enoch Muljono (Das Quadrat), karena bersama partnernya merupaka salah satu arsitek yang masuk di dalam buku ini. Beberapa arsitek yang terlihat, antara lain: Yori Antar (speaker), Ridwan Kamil (dari Urbane, Bandung), Enoch Muljono dan Aditya Tan (dari Das Quadrat, Surabaya), Yu Sing (Genesis, Bandung), Wilis Kusuma, dan banyak lagi.

Dalam buku ini mengupas arsitek-arsitek Indonesia dari segala angkatan yang dinilai telah memberikan sumbangsih bagi ranah arsitektural Indonesia, latar belakang pendidikan mereka, pencapaian yang telah mereka raih, dan beberapa hasil karya mereka ditampilkan di buku ini. Semoga dengan keluarnya buku ini semakin memacu kreativitas para arsitek muda dengan berkolaborasi dengan para kontraktor yang kompeten, sehingga bisa menghasilkan bangunan-bangunan, yang bukan hanya bermutu tinggi dan indah saja, tetapi juga efisien, ramah lingkungan, dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.