Monday, May 18, 2009

Rancangan Anggaran dan Biaya

Mungkin saat ini Anda sedang merencanakan untuk membangun rumah ataupun merenovasi rumah Anda. Terlepas apakah Anda hendak menggunakan jasa kontraktor ataupun hanya mandor saja, Anda jelas membutuhkan apa yang dinamakan dengan Rancangan Anggaran dan Biaya atau lebih sering dikenal dengan RAB.

Bila Anda menggunakan jasa kontraktor, mungkin Anda bertanya apakah harga yang ditawarkan oleh kontraktor Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah (sehingga kualitasnya diragukan). Atau bila Anda hanya menggunakan jasa mandor, Anda perlu suatu RAB sehingga Anda dapat melakukan pengawasan terhadap kinerja mandor Anda, apakah mandor Anda terlalu boros atau sebalikanya sudah bekerja dengan benar.

Namun saya tahu membuat RAB sangat sulit bagi orang yanag awam, oleh karena itu dengan maksud membantu semua orang yang hendak membangun rumah (terutama dengan biaya yang terbatas) saya membuat suatu format RAB dan dapat dilihat pada official blog Bangun Rumah. RAB ini dapat digunakan untuk rumah tinggal dengan desain minimalis 2 lantai dan dengan luas bangunan maksimum 150 m2.

Untuk lebih jelasnya silahkan klik link berikut ini produk RAB.

Selamat bangun rumah!